Pelesir Kaya Manfaat Melalui Desa Wisata

Ritme perkotaan menuntut ketergesaan setiap penghuninya. Waktu seperti tidak berhenti mengejar. Pekerjaan yang satu belum selesai, pekerjaan lain sudah menanti. Belum lagi keluar rumah sudah harus berhadapan dengan kemacetan, begitu pula sepulang kerja. Udara segar dan ketenangan menjadi barang langka di perkotaan.

Tidak heran industri pariwisata terus berkembang pesat. Semakin masyarakat stress, maka semakin tinggilah kebutuhan akan liburan. Semakin unik paket liburan yang ditawarkan, maka nilai jualnya pun semakin tinggi. Paket wisata dewasa ini tidak hanya cukup menawarkan keindahan alam semata. Atraksi menarik yang jauh dari keseharian penduduk kota semakin dicari. Salah satunya adalah konsep Desa Wisata.

Melalui Desa Wisata, wisatawan diajak untuk menginap di sebuah desa bersama dengan penduduk lokal. Tidak hanya tempat tinggal yang tentunya bukan hotel bintang lima, melainkan rumah sederhana, wisatawan juga diikutsertakan dalam keseharian warga setempat. Bersamaan dengan itu, hijaunya sawah, birunya langit, dan gagahnya pegunungan terhidang bagi pengunjung. Sekaligus udara pedesaan yang segar dan keramahan penduduk setempat, semua itu akan sanggup menyejukkan mata dan pikiran siapapun yang bertandang kesana.

Beberapa kegiatan keseharian warga yang dapat diikuti sangat beragam. Misalnya untuk aktifitas pertanian, wisatawan diajak memahami metode pertanian organik, proses produksi bibit, termasuk ikut bertani dan membajak sawah. Selain itu wisatawan juga bisa ikut menangkap ikan di sungai, sekaligus merasakan sendiri segarnya bermain air dan mandi di sungai.

Kesenian tradisional seperti membuat kerajinan atau belajar tarian tradisional juga bisa wisatawan rasakan, termasuk memasak dan makan makanan tradisional penduduk setempat. Dengan demikian wisatawan akan mendapat pengalaman yang lebih dari sekedar pelesir biasa.

Salah satu contoh desa wisata yang sudah cukup maju adalah ada di desa Candirejo, Magelang, Jawa Tengah.  Persisnya ada di 3 kilometer sebelah selatan Candi Borobudur. Separuh dari luas wilayah desa Candirejo merupakan daerah berbukit yang masuk kawasan pegunungan Menoreh.

Kehidupan masyarakat Candirejo didominasi dengan aktifitas pertanian. Namun selain itu, kerajinan pandan dan bambu juga berkembang disini. Kayu bakar masih menjadi pilihan utama penduduk Candirejo untuk masak sehari-hari.

Meski sudah menjadi kawasan desa wisata dan sudah banyak wisatawan dari berbagai kota dan negara mengunjungi tempat ini, namun penduduk Candirejo masih memegang teguh budaya dan adat turun-temurun. Upacara adat dilaksanakan rutin sepanjang tahun. Salah satunya adalah Nyadran, yaitu upacara mengirim doa untuk leluhur pada bulan Ruwah (kalender Jawa) dalam rangka menyambut bulan Ramadhan. Upacara adat ini terbuka untuk diikuti oleh wisatawan yang sedang berkunjung ke Candirejo.

Paket wisata yang ditawarkan desa wisata Candirejo cukup lengkap, mulai dari tamasya keliling desa, aktifitas sungai, kesenian tradisional, juga wisata Menoreh. Tentunya tidak cukup waktu akhir pekan kalau ingin menikmati seluruh paket. Wisatawan dapat memilih paket sesuai ketersediaan waktu liburan dan minat.

Desa wisata Candirejo sudah berjalan selama beberapa tahun, maka akses ke tempat ini pun sudah mudah. Menuju kesini dapat dicapai melalui Semarang, Solo atau Yogyakarta. Sudah ada transportasi darat tersedia untuk membantu pengunjung sampai di desa ini.

Akhirnya, sepulang dari desa wisata, tubuh dan pikiran pun bugar berkat kesegaran alam yang disuguhkan. Ditambah dengan keramahan penduduk lokal yang serasa membuat waktu berjalan lambat, memberi waktu lebih bagi wisatawan untuk menikmati indahnya alam bumi pertiwi. Pelesir di desa wisata memang kaya manfaat!

Koperasi Desa Wisata Candirejo

Sangen, Candirejo, Borobudur, Magelang

Jawa Tengah, Indonesia 56553

Telepon: +62(293)788608

Telepon Seluler: (+62)8175414855 [Ian],

(+62)81328808520 [Tatag]

Sumber: http://www.central-java-tourism.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s